Gandarusa - Justicia gendarussa Burm. f.



Gandarusa - Justicia gendarussa  Burm. f.
                 
KLASIFIKASI:   Gandarusa disebut Justicia gendarussa Burm. f., atau  Justicia dahona Buch. -Ham. termasuk kedalam famili tumbuhan Acanthaceae.   Tanaman in dikenal dengan nama daerah besi-besi, tetean, handarusa  atau puli. 

SIFAT  KIMIAWI:   Tumbuhan ini kaya dengan berbagai kandungan kimia yang sudah diketahui, antara lain  :  justicin,  minyak atsiri,  kalium dan alkaloid yang agak beracun.
EFEK   FARMAKOLOGIS:   Tumbuhan ini bersifat:  rasa pedas, sedikit asam, netral, memperlancar  peredaran, anti rheumatik.

BAGIAN  TANAMAN YANG DIGUNAKAN:  Efek farmakologi ini diperoleh dari penggunaan  daun, segar atau kering.

PENYAKIT YANG DAPAT DISEMBUHKAN DAN  CARA  PENGGUNAANNYA  :
Berdasarkan berbagai literatur yang mencatat pengalaman secara turun-temurun dari berbagai daerah dan negara ,  tanaman ini bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit-penyakit sebagai berikut

  1. Tulang patah, bisul.   Daun segar  dilumatkan atau daun kering dihaluskan, diaduk dengan arak, cuka  secukupnya, untuk kompres.                     Tulang patah sudah dalam posisi yang benar  dan terfiksasi.
  2. Rematik :  Daun segar 30 - 60 g atau daun kering 15-30 g, direbus, minum airnya.   (Saran  3x2 kapsul per hari )
  3. Memar, keseleo. Daun gandarusa diolesi minyak, layukan diatas api.  Tempelkan ke tempat sakit, Daun segar 30 - 60 g atau daun kering 15-30 g, direbus, minum airnya.
Catatan :Di India  dan Asia Tenggara  dipakai sebagai penurun panas, merangsang muntah, anti reumatik,  pengobatan sakit kepala, kelumpuhan otot wajah, eksema, sakit mata dan telinga.

0 tanggapan:

Post a Comment

 

Copyright © 2011 Tanaman Obat Indonesia | Kang Arman Berbagi Info Bisnis