Daruju - Acanthus ilicifolius Linn.


Daruju  - Acanthus  ilicifolius  Linn.
                Daruju dapat tumbuh baik diketinggian 0 – 450 m dpl. Terna perdu ini mencapai tinggi sampai dengan 3m, tegak, batang basah, berduri. Tepi daun berduri, batang bergetah.

KLASIFIKASI:  Daruju  disebut  Acanthus ilicifolius Linn.  termasuk ke dalam famili tumbuhan  Acanthaceae.   Tanaman ini  dikenal dengan  nama daerah  daruju dan  jeruju dan dengan nama asing Sea holly.   

SIFAT KIMIAWI:   Tumbuhan ini memiliki banyak  kandungan kimia, yang sudah diketahui  antara lain :Flavone dan asam amino.

EFEK FARMAKOLOGIS:   Dalam farmakologi Cina dan pengobatan tradisional lain disebutkan bahwa tanaman ini memiliki sifat;  Rasa pahit,  dingin, anti radang (antiphlogistik) dan  expectorant

BAGIAN TANAMAN  YANG  DIGUNAKAN
Efek farmakologi ini diperoleh dari penggunaan;  akar kering yang diiris tipis-tipis.  Daun dan biji.

PENYAKIT YANG DAPAT DISEMBUHKAN DAN CARA PENGGUNAANYA
Berdasarkan berbagai literatur yang mencatat pengalaman secara turun-temurun dari berbagai negara dan daerah, tanaman ini dapat menyembuhkan penyakit-penyakit sebagai berikut :


  1. Kanker.   Akar 30 - 120 gram ditambah 60 - 120 gram daging sapi tanpa lemak, digodok dengan 500 cc air selama 6 jam sampai      tersisa 1 mangkok.   Dibagi untuk 2 kali minum, lakukan setiap hari. 
  2. Luka terkena racun anak panah.   Akar dikunyah, dibubuhkan pada luka, bila perlu dibalut
  3. Pembersih darah.  Tepung dari biji diminum dengan air, sebagai obat pembersih darah pada bisul.
  4. Hepatistis akut dan kronis, pembesaran hati dan limpa.  Akar kering  30 - 60 gram digodok, minum, atau ditim dengan daging. 
  5. TBC kelenjar, parotitis, asma, nyeri lambung. Akar kering  30 - 60 gram digodok, minum, atau ditim dengan daging. 
  6. Obat cacing.     10 gram akar dicuci dan direbus dengan 1 gelas air selama 15 menit.  Hasil rebusan diminum sekaligus.
  7. Sakit perut.   Daun muda direbus, minum airnya.

1 tanggapan:

liseum said...

Yang butuh bibit aneka Herbal Berkhasiat bisa hubungi kami di chasiapro@gmail.com atau 082136712513 . Juga menerima konsultasi herbal GRATIS. Trims Prabowo JOgja

Post a Comment

 

Copyright © 2011 Tanaman Obat Indonesia | Kang Arman Berbagi Info Bisnis