Ciplukan - Physallis peruviana L.,


Ciplukan - Physallis peruviana L.,

KLASIFIKASI
Ciplukan disebut Physallis peruviana L., atau Physallis angulata Linn. atau Physallis minina Linn. termasuk ke dalam famili tumbuhan Solanaceae.   Tanaman ini dikenal dengan nama daerah keceplokan, nyornyoran atau cecenet / cecendet.

SIFAT KIMIAWI
Tumbuhan ini memiliki berbagai kandungan kimia, yang sudah diketahui, a l :chlorogenik acid,- C27H44O-H2O,- asam sitrun dan fisalin, flavonoid, saponin, polifenol. Buah mengandung asam malat, alkaloid, tanin, kriptoxantin, vitamin C dan gula,  biji ; elaidic acid.

EFEK FARMAKOLOGIS
Tumbuhan ini bersifat : analgetik, peluruh air seni, menetralkan racun (detoxifies), meredakan batuk, mengaktifkan fungsi kelenjar-kelenjar tubuh. Dalam  farmakologi  Cina disebut tumbuhan ini  memiliki  rasa pahit dan sifat sejuk.

BAGIAN TANAMAN YANG DIGUNAKAN
Efek farmakologi ini diperoleh dari penggunaan akar, daun dan buah, Uji pra klinis, Ciplukan mengandung physalin F dan physalin D. Dari hasil pengujian ternyata physalin F berkhasiat sebagai anti hepatoma terbesar, sedangkan berikutnya adalah khasiat sebagai anti Hela. Physalin F juga mempunyai efek anti tumor in vivo terhadap mencit penderita leukimia dengan p388 lymphocytic leukimia, sedangkan physalin D tidak terlalu aktif baik secara in vivo maupun in vitro Chiang HC et al, (1992)(P.6)

PENYAKIT YANG DAPAT DISEMBUHKAN DAN CARA PENGGUNAANNYA
    Tanaman ini dapat menyembuhkan penyakit-penyakit sbb :

  1. Influenza.   Tanaman 9 - 15 gram direbus, minum. Penetral racun untuk influenza, 3 pohon dipotong 5 cm, rebus di dalam 4 gelas air, sisakan 2 gelas, saring, minum.  (Saran 3x2 kapsul per hari)
  2. Sakit tenggorok.    Tanaman 9 - 15 gram direbus, minum. . (Saran 3x2 kapsul per hari)
  3. Batuk rejan (pertusis). Tanaman 9 - 15 gram direbus, minum. . (Saran 3x2 kapsul per hari)
  4. Bronchitis.    Tanaman 9 - 15 gram direbus, minum. . (Saran 3x2 kapsul per hari)
  5. Gondongan (parotitis).Tanaman 9 - 15 gr direbus, minum. . (Saran 3x2 kapsul per hari)
  6. Pembengkakan buah pelir (Orchitis). Tanaman 9-15g rebus,minum.(Saran 3x2 kapsul per hr)
  7. Bisul .   Daun ciplukan 1/2 genggam dicuci, digiling halus, diturapkan  pada bisul dan sekelilingnya, lalu dibalut. Diganti 2 kali sehari.
  8. Borok. Daun ciplukan 1/3 genggam dicuci, digiling halus, ditambah  air kapur sirih secukupnya untuk menurap borok.  Diganti 2 x   sehari.
  9. Kencing manis (diabetes mellitus).Tanaman  direbus  dengan 3gelas air jadi 1 gelas,  saring, minum.
  10. Sakit paru-paru.    Tanaman ciplukan lengkap direbus dengan 3 - 5 gelas air mendidih, saring, minum airnya 3 kali sehari 1 cangkir. 
  11. Ayan.   Buah ciplukan 8 - 10 butir dimakan setiap hari.
  12. Pembengkakan prostat (pengalaman). Tanaman 9-15g rebus, minum.(Saran 3 x 2 kapsul per hari)



0 tanggapan:

Post a Comment

 

Copyright © 2011 Tanaman Obat Indonesia | Kang Arman Berbagi Info Bisnis